top of page
Search
  • Writer's pictureMadu Sukatani

Lilin Lebah Untuk Kesehatan

Lebah tidak hanya menghasilkan madu, tetapi juga menghasilkan bee pollen dan lilin lebah alias beeswax. Sama halnya dengan madu, beeswax juga memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh manusia. Namun, berbeda seperti madu, lilin lebah tidak dikonsumsi dengan cara dimakan atau diminum. Biasanya, beeswax diaplikasikan pada kulit, misalnya sebagai pelembap kulit dan bibir. Bisa juga digunakan sebagai pengolahan, pengemasan, dan pengawetan beberapa makanan. Lalu, apa manfaat beeswax yang bisa kita dapatkan?


1. Mengatasi peradangan kulit

Psoriasis dan eksim merupakan penyakit kulit yang membuat kulit menjadi gatal. Peradangan kulit kronis dapat terjadi ketika Anda mendapat penyakit ini. Beeswax merupakan pilihan yang tepat untuk beberapa kondisi kulit ini.


2. Melembapkan kulit

Lilin lebah merupakan bahan yang bagus untuk melembapkan kulit. Inilah kenapa beeswax sering dijadikan sebagai salah satu bahan dan komposisi pada beberapa produk perawatan kulit.


3. Meredakan nyeri

Robekan kecil pada anus (fissura ani) memang sebuah kondisi yang tidak menyenangkan. Penelitian awal-awal merekomendasikan untuk menggunakan beeswax, madu, dan minyak zaitun untuk diberikan pada sekitar robekan selama 12 jam.


5. Menghilangkan jerawat

Antibakteri, antiperadangan, dan antioksidan pada lilin lebah dikenal sebagai bahan alami yang baik untuk kulit berjerawat. Emolien dapat membantu kulit Anda menjadi lembut setelah penyembuhan jerawat.

Namun, tentunya bahan ini akan berfungsi kalau Anda menyeimbanginya dengan diet yang sehat dan olahraga yang teratur.


Adakah bahaya dari beeswax?

Meskipun lilin lebah tidak beracun, tapi tetap ada efek sampingnya pada kesehatan. Jangan khawatir, efek samping ini berbahaya hanya untuk penggunaan dalam skala besar dan lama. Berikut ini efek samping yang mungkin terjadi:

  • Penghambat usus ketika tertelan dalam jumlah yang banyak

  • Dapat menimbulkan reaksi alergi, apalagi bagi Anda yang alergi terhadap madu dan berbagai produk lainnya. Alergi ini ditimbulkan karena komponen yang disebut propolis dan lem lebah (bee glue). Propolis berasal dari pohon resin yang diketahui mengandung alergen (zat menyebabkan alergi)

Jika Anda sedang hamil dan menyusui, sebaiknya tidak menggunakan bahan lilin lebah ini. Belum cukup informasi yang menunjukkan apakah beeswax aman untuk digunakan oleh ibu hamil dan menyusui.



2 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page